Takut Menikah Karena Layangan Putus? Bagaimana Menyikapinya?

Spread the love

Original thread by Dita Juwita  (@sangjuwita)

Siapa yang abis nonton Layangan Putus, jadi takut sendiri?? ??‍♀️

Jadi takut diselingkuhin, takut menjalin hubungan, takut nikah gara-gara liat Mas Aris yang pinter banget nutupin selingkuhnya 🙁

Nah, gimana ya cara menyikapi rasa takut kita?
Yuk kita bahas!

Sebuah thread ✨✨✨

Takut Menikah Karena Layangan Putus? Bagaimana Menyikapinya?

Sebelumnya, kita samain persepsi dulu ya.
Thread yang akan dibahas ini tentang cara menyikapi rasa takut diselingkuhin, padahal ya hubungannya mungkin baik-baik aja. Tapi karena rasa takut kita, akhirnya kita “merasa” diselingkuhin, padahal ngga. Simak sampe selesai ya.


Nah, aku akan bahas dulu definisi takut & firasat. Karena aku tau, ketika menjalin hubungan dan pasangan selingkuh, sebagian dari kita merasa punya “firasat” kalau pasangannya selingkuh.

Nah ini penting dibahas biar kita bisa bedain mana yang firasat, mana yang cuma takut doang.


Oke aku jelasin firasat dulu ya.

Menurut KBBI, firasat adalah keadaan yang dirasakan akan terjadi SESUDAH melihat gelagat. Yang artinya, perasaan “kayaknya dia selingkuh nih” muncul setelah melihat adanya indikasi atau gelagat yang ga seperti biasanya.


Nah, kalau perasaan takut, menurut KBBI salah satunya adalah: perasaan gelisah, khawatir. Dan khawatir itu sendiri artinya adalah cemas terhadap sesuatu yang belum diketahui dengan pasti.

Nah dari definisi ini aja udah keliatan ya bedanya antara “firasat” sama “takut”.


Sebenernya rasa takut kita butuhin sebagai mekanisme pertahanan hidup dan melindungi dari ancaman (di sini ancamannya pelakor wkwkwk)

Biasanya rasa takut didasari dari pengalaman masa lalu atau kekhawatiran tentang masa depan. Tapi bukan didasari dari kenyataan di masa kini ya.


Jadi, ketika muncul pikiran “kayaknya dia selingkuh deh”. Nah coba pahami dulu apakah itu firasat berdasar gelagatnya yang ga kayak biasanya, atau rasa takut yang sebenernya belum pasti?

Kalau firasat, muncul ketika ada tanda yang jelas, kalau takut muncul tanpa ada tanda apapun


Kalau nonton Layangan Putus, Kinan juga muncul pikiran “Aris keknya selingkuh” juga berdasar tanda-tanda yang muncul kan?
– kancing baju berantakan
– kancing jatoh
– bau parfum
– anting ketinggalan

Baca Juga  Ingin Dipromosikan? Miliki Mentalitas Be-Do-Have!

Berdasar tanda-tanda tersebut dia makin yakin kalau Aris beneran selingkuh.

 

 

 


Nah, kalau takut, ketika muncul pikiran “kayaknya dia selingkuh”, itu ga berdasar tanda apa-apa. Yang biasanya pasangan cuek terus dia hari itu tetep cuek, kita takut sendiri “apa dia selingkuh ya?”. Padahal ya emang dasarnya cuek ?

Aku jelasin beberapa perbedaan lain:


– kalau firasat, biasanya ga melibatkan perasaan takut yang berlebihan. Takut ya ada, tapi lebih ke perasaan “yakin”. Justru ketika kita ada firasat “dia selingkuh”, kita cenderung tenang aja gitu buat cari bukti lainnya, karena kita yakin berdasar indikasi-indikasi yang ada.


– kalau perasaan takut, justru lebih banyak melibatkan perasaan cemas.
“Duh dia bener selingkuh ga ya?”
“Duh dia pergi sama siapa ya?”
“Kalau dia ketemu cewe lain gimana ya?”

Jadi lebih ke perasaan cemas dan panik. Dan mungkin tindakan yang kita lakukan juga ga penuh perhitungan


Jadi kita udah bisa bikin kita bedain nih mana yang beneran firasat, mana yang cuma perasaan takut aja.

Nah yang akan aku fokuskan di thread ini adalah cara menyikapi perasaan takut kita. Takut diselingkuhin, takut menjalin hubungan, takut nikah.

SEMUA GARA GARA MAS ARIS! ?


Nah kita bedah dulu penyebab rasa takut itu muncul ya.
Penyebabnya ada banyak, yang mungkin malah kalian sendiri yang lebih tau penyebab rasa takut kalian itu apa. Bisa dari pengalaman masa lalu, lingkungan di sekitar, kekhawatiran di masa depan, atau yang lainnya.


Mungkin sebagian besar penyebabnya adalah “pengalaman masa lalu”

“Aku takut pacaran soalnya dulu aku pernah diselingkuhin”
“Aku takut nikah, soalnya ayah aku dulu selingkuh juga”
“Aku takut dia selingkuh soalnya sebelumnya dia pernah selingkuh juga”

Dan banyak lagi contohnya..


Atau bisa juga penyebab kita takut adalah lingkungan sekitar kita. Misalnya, temen kamu diselingkuhin, dan kita menyaksikan sendiri gimana sedihnya temen kamu itu pas diselingkuhin. Akhirnya membentuk rasa takut kita buat jalin hubungan, atau takut pasangan kita kayak gitu juga.

Baca Juga  Pandangan Obgyn Terhadap Fenomena Husband Stiches

Dan bisa juga kita takut diselingkuhin karena khawatir sama masa depan kita. Takut di masa depan kita dia pergi sama cewe lain, takut kalau nikah eh cerai gara-gara pasangan selingkuh, takut di masa depan kita ga mampu bahagiain pasangan terus dia selingkuh.


Penyebab lain, bisa juga dari diri kita sendiri. Kita ga cukup percaya sama diri kita sendiri bahwa diri kita layak untuk dicintai. Merasa kurang cantik, kurang asik, kurang ini kurang itu yang akhirnya membuat kita merasa “aku takut diselingkuhin gara-gara aku kurang ini-itu”


Atau penyebab lain yang sebenernya kalian yang lebih tau. Yang pasti, ketika rasa takut itu muncul, kalian tenang dulu, pelan-pelan pikirin apa penyebab rasa takut itu muncul. Dengan kita nemu penyebabnya apa, kita akan lebih mudah buat cari solusinya apa.


Seperti yang sebelumnya aku bilang, sebenernya rasa takut itu membantu kita, jadi kayak ngasih alarm biar kita terhindar dari ancaman

Misal kita takut diselingkuhin, rasa takut itu bikin kita cari cara biar ga terjadi, contoh: komunikasi baik dengan pasangan, bangun percaya diri


Tapi kalau rasa takutnya udah berlebihan terus mengganggu kehidupan dan hubungan kita, nah berarti perlu dikurangi nih.

Caranya gimana?


– pahami perasaanmu

ketika rasa takut itu muncul, coba pahami dulu perasaan yang kamu rasain. Apakah itu bener firasat, atau hanya rasa takut ga berdasar? Kalau rasa takut ga berdasar, berarti sebenernya kamu ga punya alasan buat curiga ke pasangan kan?


– cari penyebabnya

Pas kamu ngerasa takut pasangan selingkuh, coba cek lagi apa yang membuat rasa takut kamu ke-trigger? Apakah nonton Layangan Putus? Apakah nonton Love ft Marriage & Divorce? Apa yang lain? Dengan kamu nemu penyebabnya, itu bisa membantu kamu lebih cepet tenang

Baca Juga  Tips Buat Ramein CV Kalian Biar Dilirik Rekruter

– kenali dan sayangi diri sendiri

Kalau kata Dilan, “cemburu itu untuk orang yang ga percaya diri”.
Nah ketika kamu takut pasangan selingkuh, mungkin kamu lagi ga percaya sama diri kamu sendiri. Merasa minder, merasa kurang ini-itu. Padahal hey kamu itu pantes dicintai!


– ga semua orang sama

Sadari kalau ga semua orang sama, dan jangan menggeneralisir. Mantan kamu pernah selingkuh, belum tentu pacar kamu yang sekarang bakal selingkuh juga. Kalau Mas Aris selingkuh, bukan berarti suami kita nanti selingkuh juga. Hehehe.


“kalau pacar aku dulu pernah selingkuh, wajar kan kalau takut?”

Nah itu balik lagi ke keputusan kamu. Kamu memutuskan buat percaya atau ngga ke pasangan kamu yang pernah selingkuh di masa lalu? Inget lagi alasan kenapa kamu percaya sama dia.

Kalo ga ada ya.. hehe


– sadari bahwa orang lain akan datang dan pergi

Ini sakit sih. Tapi ya memang kenyataan kan pahit ya. Dengan kita menyadari dan menerima kenyataan itu, kita ga terlalu dihantui lagi sama perasaan takut ditinggalkan/diselingkuhin.

Kalau kata om @newsplatter sih gini:


– konseling

Kalau kamu ga bisa handle rasa takut itu sendirian. Boleh banget konseling ke konselor/psikolog.

Boleh ke puskesmas atau puspaga yang gratis. Atau yang berbayar juga banyak pilihannya. Salah satunya di @konselia_id. Sekarang mereka ada konseling berpasangan lho ?

 


Oiya, kalau kamu mau curhat atau ngobrol-ngobrol dan sharing bareng sama yang lain soal relationship, yuk ikutan gabung di Space Twitter @konselia_id tanggal 2 Januari jam 19.30! ?


Oiya, aku juga pernah bahas psikologi cemburu, silakan baca di sini ⬇️

pernah ga kamu merasa cemburu? apa yang terjadi sebenarnya di otak saat kita merasa cemburu? kenapa rasanya menyesakkan? bagaimana mengatasi rasa cemburu? mari kita bahas! PSIKOLOGI CEMBURU – a thread –

https://twitter.com/sangjuwita/status/1369599862291927042

Buat kamu yang masih takut nikah, mungkin bisa dengerin podcast aku sama pasangan yang udah 40 tahun nikah.

Link podcastnya: https://open.spotify.com/episode/35LfvQvwcqqGoeoCTVXLSj?si=uBfp1rHOTlCb1p2OsBFUWQ


Spread the love

Leave a Reply