Review Film ‘Broker’, Film Korea Terbaik Setelah ‘Parasite’

  • Post author:
  • Post category:Film
  • Reading time:3 mins read
Original thread by Sinemaksimal (@sinemaksimal)

Review ‘Broker’, 10/10 pertama di tahun 2022.

A Thread

Review Film ‘Broker’, Film Korea Terbaik Setelah ‘Parasite’

Hirokazu Kore-eda (sutradara Shoplifters) kembali menduduki kursi sutradara dengan membuat film berbahasa Korea berjudul Broker. Kali ini, Kore-eda memilih jajaran pemain bertabur bintang, mulai dari Song Kang-ho, hingga penyanyi tersohor, IU.


Broker berbicara tentang banyak hal. Mulai dari kemanusiaan, keluarga, kehidupan sebagai orang tua, hingga standar moralitas di masyarakat. Dengan kombinasi cerita yang kompleks dan penceritaan yang sederhana, Broker berhasil menusuk hati ke bagian yang paling dalam.


Cerita film ini memang sangat kompleks. Film ini seakan mempertanyakan ulang standar moralitas yang berada di masyarakat secara umum. Film ini memberikan pertanyaan yang sebelumnya tak pernah terfikirkan untuk kita tanyakan.


Film ini menggali lebih dalam makna dari kehidupan sebagai seorang orang tua, film ini juga tak ragu untuk menggali lebih dalam makna dari kelahiran dan tanggung jawab.


Film ini berusaha menunjukkan cerita dari dua perspektif. Perspektif seorang ibu dan seorang anak. Yang menarik adalah “anak” dan “ibu” direpresentasikan dengan dua karakter dengan usia yang sama, membuat komunikasi antar perspektif tersampaikan dengan lebih baik. JENIUS!


Walaupun setiap kata terasa sangat sederhana, dialog-dialognya meninggalkan kesan yang sangat membekas. Setiap dialog diisi dengan makna tersirat yang sangat dalam. Saya tidak bisa jelaskan bagaimana, tapi bahkan kata paling sederhana bisa membuat saya menitihkan air mata.


Film ini berhasil dieksekusi dengan baik. Setiap shot terasa sangat signifikan (dan indah). Dari detik pertama hingga terakhir kita seakan tersihir dan jatuh dalam kehidupan sang karakter. Setiap adegan dilakukan dengan sangat natural, setiap dialog disampaikan dengan sempurna.

Baca Juga  Review Film Pengabdi Setan 2 Communion 2022: Kurang, tapi...

20 menit terakhir film ini adalah definisi dari kesempurnaan. Setiap detik, setiap dialog, setiap adegan, setiap ekspresi wajah yang tersampaikan berhasil membuat saya mengambil nafas hingga menitihkan air mata. Adegan demi adegan secara terus menerus membuat hati saya teriris.


Kesimpulannya, Broker adalah definisi dari kesempurnaan. Sangat emosional, setiap dialog bakal bikin lo ngerasa dipukul di dada. Saran gue sih siapin tisu.


Follow kami di Instagram untuk list film dan review lainnya! http://instagram.com/sinemaksimal

Leave a Reply