Rekomendasi Website Freebies Keperluan Desain Grafis Penyedia Elemen Desain

Original thread by @CarolinaRatri

Nah, skrg mau lunasin janji bagi website2 freebies keperluan desain grafis. — a thread —


Kadang sebagai seorang desainer, apalagi yang abal2 dan males kayak saya, kita butuh elemen2 desain yang siap pakai. Seenggaknya, kalau makek tuh nggak mulai2 amat dari awal.


Misalnya, mau bikin brosur rumah makan. Maka mungkin kita akan perlu gambar2 ornamen vector ayam goreng, minuman2, cangkir kopi, papan menu, cupcakes, dan ornamen foodies lainnya.


Kadang, waktunya udah mepet (pun anggaran yang enggak banyak, yang not worth waktu kita untuk desain sendiri), makanya kita butuh “penyelamat”. Nah, yang kayak gini kita berarti butuh desain instan, yang bisa tinggal pakai.


Atau, untuk bikin desain kaver buku, misalnya. Kita akan butuh mockup buku, untuk kemudian bisa dibikin versi 3D bukunya. Biar kelihatan aslinya buku gitu. Kan klien jadi lebih mudah membayangkan jadinya gimana.


Yaaa, ya udah mana alamat2 webnya? Intronya aja panjang bet! Sabarrrr~~~


1. Designer Mill () Di Designer Mill, ada seenggaknya 10 kategori freebies, termasuk di dalamnya ada free fonts, mockup bahkan sketch freebies.
https://www.designermill.com/


2. GraphicBurger () Di GraphicBurger ada buanyak buanget design freebies, dari mulai textures, mockups, sampai UI Kits. Whew! Harta karun!
http://graphicburger.com/


3. Freebiesbug () Ada Free PSDs, Illustrator Freebies, Sketch, fonts, bahkan code stuff!
https://freebiesbug.com/


4. Subtle Patterns () Nah, di sini khusus untuk patterns atau motif dan tekstur yang biasanya dipakai sebagai background.
https://www.toptal.com/designers/subtlepatterns/


5. Pixel Buddha () Di sini ada yang berbayar, tapi banyak pula yang freebies, mulai dari fonts, mockups, UI, hingga resume.
https://pixelbuddha.net/freebies


6. Brusheezy () Di sini banyak serba-serbi PSD freebies; brushes, patterns, dan textures. Kalau mau sih juga banyak yang premium, which is berbayar.

Baca Juga  Peretasan Data Yang Diduga Dari Pelamar PT Pertamina
(((which is))) Uda kek anak millenial blom?
https://www.brusheezy.com/


7. Icon Deposit () Yang di sini khusus icon ya. Kalau ga salah inget, kita mesti tweet, untuk kemudian bisa ngedownload. No problem kan? 🙂
https://www.icondeposit.com/


8. ZippyPixels () Yups, freebiesnya memang banyak, tapi kayaknya kurang sering update. Tapi bolehlah disedot dulu yes? 😀 Mostly mockup yah.
http://zippypixels.com/products/freebies/


Nah, terus ya ada yg udah populer kayak: 9. Freepik 10. Colour Lovers 11. DB Freebies 12. Dribbble 13. TheHungryJpeg
https://www.freepik.com
http://www.colourlovers.com
http://dbfreebies.co
https://dribbble.com/
https://thehungryjpeg.com/freebies/


Cek dulu ya, mengenai term & condition masing2 freebies terkait penggunaannya. Kadang ada yg bebas bat digunakan, ada yg hanya boleh di personal use. Ada yg mesti register/login/ngetweet dulu baru bisa donlot.


Ya udah, itu aja. Have fun designing, everyone! *uopo twit penutup thread jedanya 6 jam*


Banyak yang nanya, “Canva kok ga masuk? Eug pake canva terus.” . Well, aku memasukkan canva ke kategori EDITING TOOL, bukan PENYEDIA FREEBIES. Canva itu menurutku sih bukan tool utk desain grafis, yg mesti bisa bebas menuangkan ide sebebas menggunakan AI, CDR, Photoshop dll.


Yang saya rekomendasikan di atas adalah website2 penyedia ELEMEN DESAIN. Lagian Canva filenya ga bisa hires pol2an. Mana cukup buat desainer grafis, or wanna-bes.

Leave a Reply