Rekomendasi Tempat Makan Di Jogja, Enak Dan Value For Money

Spread the love

Original thread by That Tomboy Guy™ (@akibaryou)

Karena banyak yang lagi liburan ke Jogja dan mulai nanya-nanya rekomendasi tempat makan, aku mau kasih langganan aku sebagai warga lokal yang tukang makan ✨

Disclaimer: aku kalo udah suka satu tempat, bakal ke situ terus. Prioritasku rasa + value for money yah utamanya.


TOP 5:

1. Mediterranea. French casual dining. Udah kaya warung langganan. Must try: duck sweet spices. Croissant bakery-nya juwara.

2. Legit. Masakan Nusantara. Saranku beli porsi piring kecil terus buat sharing biar bisa icip-icip. Must try: cumi, lidah, ikan salem.

Rekomendasi Tempat Makan Di Jogja, Enak Dan Value For Money


3. Jiwajawi. Masakan Nusantara. Tempatnya jauh, tapi worthit. Bisa sambil jemuran di rumput. Must try: ayam suwir kecombrang (pedes) + sirup Kawista (seger)

4. Ayam Goreng Bu Tini. Banyak orang luar Jogja takut manis, tapi goreng bacem + sambelnya kujamin ga pernah fail di lidah


5. Nanamia. Italian bistro. Pokoknya pasta ga ada yang ngalahin deh di sini. Salad juga juara. Must try: Pizza mediterranea (atasnya salad seger banget) + canelloni al tonno.


Top 5 aku itu, yang aku kalo bingung makan apa yaudahlah ke sana. Habis ini ada beberapa selected culinary places yang agak random, tapi favorit aku juga (bentar cari arsip fotonya agak pusing juga).


Kedai Rukun. Pertama kali ke sini tuh bingung semua makanan rumahannya enak. Rasanya beneran kek makan di rumah temen. Must try: brongkos (mirip rawon, lebih kental, pakai kacang tolo). Katanya mangutnya juga enak tapi aku ga pernah dapet huhuhu.


Bakso Pak Djoko. Jyujyur aku cuman mau makan bakso di sini. Bakso gorengnya enak, khas daerah pecinan di Pathuk. Kuahnya sekarang ada yang kuah mala juga, jujur ga terlalu kuat tapi okelah anget-anget.

Baca Juga  Rekomendasi Makanan Instan Untuk Kaum Mager


Bakmi Jawa Pak Paino. Jyujyur bakmi jawa di Jogja enak semua (yg penting dimasak pake anglo) tapi kalo ga salah Pak Paino ini koki asli salah satu bakmi jawa terkenal. Must try: bakmi goreng nyemek + wedang bajigur


Bakmi Gandhok juga enak. Tempatnya relatif lebih proper juga (di pendhopo gitu). Depannya ada kafe. Must try: rica-rica ayam.

Rica-rica ayam juga enak di Bakmi Shibisu Jl. Bantul. Demikian karena memang kokinya teman tuna wicara. Fyi pedes banget gigiku sampai gemetar tau ga sih


Nah kalau gudeg jyujyur sebagai orang Jogja aku agak bias ?✌?✨

Sebagai orang Jogja aku bisa makan gudeg kapanpun (sarapan, lunch, dinner, supper…) dan siapapun yang bikin akan tetep aku makan karena EMANG SUKA AJA.

Tapi buat gudeg basah, aku punya preferensi spesifik.


FYI gudeg tuh ada 2 jenis: gudeg kering dan gudeg basah.

Gudeg kering itu arehnya (saus santan manis) dimasak lebih lama sehingga kecokelatan. Daerah Wijilan kebanyakan gudeg kering.

Nah gudeg basah tuh arehnya masih krem gitu dan lebih cair. Penjualnya lebih kesebar juga.


1. Gudeg Bromo. Ga overrated samsek memang enak banget ora nyata. Must try: gudeg + ayam suwir + tempe keripik. Sampun cekap sampun tanja.

2. Gudeg Bu Tjitro (Adisucipto). Brand yang udah lama banget. Pas kecil pernah mau batal gegara iklan gudeg ini. Harumnya ora nguati.


3. Daripada Gudeg Sagan, aku lebih suka Gudeg Permata. INI BIAS YAA karena menurutku Sagan lebih manis, Permata lebih pedes.

4. Gudeg Pawon. THE OG. Cuman sekali ke sini & masi inget rasanya. Risiko tanggung sendiri aku antre sejam cuman sisa sayap.

Baca Juga  Kuliner Jogja Underrated, Menjual Rasa Bukan Tempat


Sego Empal Bu Warno. GA BOLEH KELEWAT KARENA BANYAK YANG BELOM TAU. Aku biasanya ke Brigjen Katamso, cabang dari aslinya di Pasar Beringharjo. Bisa bawa banyak buat ke luar kota. Tempe cepet habisnya. Must try: empal + sup kol + tempe + sambel.


Apalagi yaa hmmm antara bingung milih mau rekomendasiin apa + cari fotonya mencar-mencar…


Buat ayam goreng lokal (bukan fried chicken ala Southern US yang bertepung-tepung gitu), aku cuman punya beberapa lamgganan tetap.

Di luar ini jyujyur aku engga impressed (termasuk beberapa merk yang udah disebut) jadi maaf banget kalau lidahnya beda ?


1. Bu Tini, Mbok Sabar, Ayam Goreng Code, dsb. Ini jenis ayam goreng yang Jogja banget.

Semacam ayam bacem (tapi aku agak ga yakin ini baceman, karena karamelisasinya kok kayanya beda ya).

Yang juara dari ayam goreng ala begini adalah sambalnya, mashook banget di semua lidah.


2. Ayam Goreng Mbak Ning. Ini ayam kremes, jauh lebih enak daripada kremes yg terkenal itu. Gurihnya pas, sambelnya juara. Dulu jual di depan Permata

3. Ayam Goreng Cak Yunus. Agak curang krn ini fried chicken ✌? tapi pake sambel mateng kaya kremesan. ENAK BANGET. Depan Bu Tini


Setelah tak pikir-pikir harusnya area Sayidan-Pakualaman-Lempuyangan ditahbiskan jadi segitiga emas ayam goreng Yogyakarta karena SEMUA AYAM GORENG ENAK ADA DI SINI SAESTU


Kalau sate klathak, aku jarang makan.

Yang recommended buat aku Pak Abu (foto terlampir). Ada olahan lain kayak tongseng, tengkleng dan enak-enak.

Selain itu ada Mak Adi juga. Aku belum pernah ngicipin olahan lainnya tapi.

Paling 2 itu yang paling tak inget.

Baca Juga  Resep Ayam Goreng Serundeng


Menarik bgt ada yg nanya ini wkwk ?

Lotek & gado-gado the one and only LOTEK BU BAGYO. Must try: lotek DOUBLE BAKWAN krn bakwannya enak banget.

Pecel, gudangan, tahu guling, dsb tetep enak masakan ibuku HEHEHE. Gudangan terenak di Salatiga ya ges?

@akibaryou Kalo semacam pecel, gado gado ada rekomendasi gak kak?

https://twitter.com/laksitamochtar/status/1520714939174113282

JAJAN TRADISYENEL LANGGANAN DARI MASIH PIYIK

1. Dawet & corobikang (pancake berbahan santan) Pasar Prawirotaman
2. Jenang legendaris Pasar Lempuyangan
3. Kipo (kue berisi kelapa gula jawa) depan toko listrik Pasar Kotagede
4. Lopis, gatot, cenil dsb belakang BSI Purawisata


5. Apem Pasar Ngasem, asli tradisi Kraton, rasanya khas jeron beteng banget kayak.lagi sekaten
6. Lumpia Samijaya (jelas) di Malioboro, atau lumpia Jalan Ireda (belakang Purawisata), atau lumpia utara Pasar Lempuyangan (+ onde onde terenak)


Untuk jajan pasar legendaris ada Arya, Trubus, dan Maden.

Arya ini yg pernah masuk Netflix itu lhooo ✌?

Trubus terkenal memberdayakan mbok gendong keliling Jogja, blus pink mboknya khas ?

Maden langganan ibuk buat snack kantor, wanginya lawas enak ✨

@akibaryou TOKO KUE TRUBUS SUPREMACY ?

https://twitter.com/heyamrina_/status/1520735898865971203

Bentar ya gengs mau masak-masak buat Lebaran dulu ✨ Bakal aku lanjutin lagi sambil nginget-inget, e.g. masih ada berbagai soto juga (walaupun kayanya soto di Jogja ga ada yang fail deh enak kabeh) ?


Spread the love

Leave a Reply