Prospek Kerja Anak HI Selain Menjadi Diplomat

Original thread by @TxtdariHI

PEKERJAAN ANAK HI SELAIN JADI DIPLOMAT — A THREAD —

Prospek Kerja Anak HI Selain Menjadi Diplomat


Masih banyak orang yang mengira kalo mahasiswa HI lulusnya bakal jadi dubes atau enggak jadi diplomat. Padahal anggapan yang begitu mainstream itu gak sepenuhnya valid. Nyatanya siapapun bisa jadi diplomat meskipun bukan berasal dari latar belakang HI.


Prospek kerja anak HI luas banget. Gak melulu jadi diplomat dan duta besar. Maka dari itu Minhi mau ngerekomendasiin pekerjaan yang masih relate dengan mahasiswa dan lulusan-lulusan HI selain Diplomat.


1. Penulis Sehari-sehari berkutat dengan paper membuat anak HI terbiasa menulis apapun. Ditambah dengan riset, daya analisa yang kuat dan pola pikir yang dilatih kritis membuat anak HI terlatih dalam hal tulis menulis.


Maka dari itu penulis bisa jadi pekerjaan yang cocok buat anak-anak HI. Enggak cuma terbatas menjadi penulis jurnal, buku atau hal-hal yang bersifat akademis. Kamu juga punya kesempatan buat jadi content writer dan copywriter di perusahaan-perusahaan ternama.


Mau nulis yang berbau sastra juga bisa kok.


2. Jurnalis Sebenernya profesi ini masih nyambung sama basic skill-nya anak HI yaitu menulis, riset dan berpikir kritis. Di dunia jurnalistik kamu dituntut untuk meliput peristiwa, menulis berita dan mempublikasinya ke masyarakat luas.


Ada alumni HI yang jadi jurnalis? Coba ceritain kesannya dong kerja jadi jurnalis.


3. Pengusaha Kalo kamu punya jiwa enterpreneur yang tinggi coba aja bangun usaha sendiri. Ditambah lagi kalo kamu peka dan kritis terhadap situasi masyarakat saat ini sehingga kamu semakin kreatif untuk menghadirkan sesuatu yang dibutuhkan masyarakat saat ini.


Di era serba digital ini bisnis daring emang menjanjikan banget. Tekun lah berbisnis online sampai tetangga mu mengira kamu lagi ngepet.

Baca Juga  Mengapa Dosen Di Indonesia Tidak Berminat Untuk Berserikat?

4. Digital Marketing Masa pandemi ini banyak orang yang belanja bahkan berbisnis secara daring. Digital Marketing hadir sebagai solusi buat pelaku bisnis untuk memasarkan produknya secara digital.


Nah, buat kamu yang terbiasa baca data, analisis, strategi dan paham betul media sosial, website dan apapun yang berbau digital. Coba aja kamu terjun ke dunia digital marketing.


Di sini ada alumni HI yang kerja di bidang Digital Marketing? Sharing dong~


5. Non-Governmental Organization Ini cocok buat kamu yang mau terjun ke dunia aktivisme dan memiliki passion tinggi terhadap isu-isu yang terjadi di dunia ini seperti Hak Asasi Manusia (HAM), pemberdayaan masyarakat sampai lingkungan.


Coba alumni HI yang kerja di NGO sini merapat~


6. Content Creator Kalo kamu suka buat konten-konten hiburan dan edukatif lalu mendistribusikannya ke media sosial. Coba kamu kerja jadi Content Creator. Di era serba digital banyak kok perusahaan yang membuka posisi Content Creator.


7. Dosen Jika kamu mau mengabdikan diri mu untuk dunia akademis dan pengembangan ilmu pengetahuan. Maka dosen bisa jadi pilihan yang bagus. Enggak cuma mengajar di kelas.


Dosen juga dituntut untuk melakukan publikasi ilmiah seperti jurnal dengan tujuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan.


8. PNS (Asal Jangan Formasi Diplomat) Pekerjaan idaman mertua banget dah. Kamu bisa aja apply formasi yang sekiranya masih nyambung sama jurusan HI.


Sebenernya masih banyak pekerjaan yang relevan buat mahasiswa/alumni HI seperti pegawai bank, start up, konsultan, analis, goverment relations, politikus, dll. Tapi di utas ini Minhi nulis sebagiannya aja dulu.


Wihhh coba sharing dong!
https://twitter.com/cacaancat/status/1387698117206814720?s=20

@TxtdariHI Lah,, gw lulusan HI kerja di farmasi min ???


Sebagai penyemangat, coba deh denger wejangannya Raditya Dika dan kebetulan si penanya (dia juga siswi SMA) pengen masuk HI tapi bingung setelahnya mau kemana.


9. Sebagai pegawai kedutaan asing / organisasi internasional

Baca Juga  Sholat Sunnah yang Pahalanya Ga Main-main
Nah teman2 juga bisa bekerja di kantor2 kedutaan luar negeri di Indonesia yang biasanya membutuhkan staf lokal dan juga organisasi internasional seperti ASEAN, UNICEF dll


Seperti kaka ini. Boleh sharing dong ka pengalamannya @jsamodra selama menjadi pegawai di kantor ASEAN ????
https://twitter.com/jsamodra/status/1387719804627263493

Sebagai mantan pegawai @ASEAN, sedikit menyesalkan bahwa pekerjaan sebagai Pegawai Organisasi Internasional/Kantor Kedutaan Besar Asing tidak disebutkan dalam utas ini. Padahal utk WNI, ini lowongan yg lumayan banyak lho, secara Jakarta kan Diplomatic Capital of ASEAN.

Leave a Reply