Cerita Horor: Sosok Noni Belanda Di Batavia

Spread the love

Original thread by Arafah Natsir Affandi (@araskyy18)

Kemarin aku main ke Batavia.
Ternyata bertemu dgn Sosok Noni Belanda yg memaksa aku untuk mendengarkan kisahnya. Dia berbahasa belanda dgn cepat sekali.

Cerita gak nih?
?
(Setelah selesai, dia ikut berfoto dibelakangku..)

Cerita Horor: Sosok Noni Belanda Di Batavia

Oke, berawal dr aku jalan-jalan ke Batavia kemarin. Jujur thread ini gak akan panjang. Karna keterbatasan bahasa….

Sosok ini keras banget.Kuat energynya.

Dia kekeh mau cerita. Kalo dia adalah saksi dari tragedi berdarah dari Geger pecinan.


Dia juga salah satu korban. Dia org belanda. Tapi dia Pro sama keadilan. Namanya Maria Van (belakangnya aku gak bisa tulis karna aku cm dapet gambaran hidupnya)


Komunikasi kami terbatas. Jd dia ngasih gambaran kehidupan dia dulu & Tragedi berdarah itu.

Dalam retrokognisi, ada seorang Pria memanggil dia dgn sebutan Maria Van (nah belakangnya ini aku gak terlalu tahu cara penulisannya)


Dia wanita yang keras. Pro keadilan. Menurutnya, orang2 etnis Tionghoa tdk bersalah.

Kita hidup di dunia ini dgn sama Rata.

Sebelum tragedi berdarah ini datang, suasana Batavia sangat mencekam.


Pemberlakuan jam malam, etnis Tionghoa harus membayar beberapa ringgit. Untuk mendapatkan sebuah validasi / identitas mungkin ya bahasanya. Karna populasi etnis Tionghoa membludak pada saat itu.


Nah banyak imigran gelap yang datang memenuhi Batavia. Ada yg jd buruh gula, ada yg punya Toko.

Tapi VOC ini kalah pamor sm orang etnis Tionghoa yang lebih makmur keadaannya. Hingga bisa dikatakan, terjadilah “cemburu sosial.”


Sekilas sekilas bayangan tentang kondisi di abad ke -17 itu memasuki alam bawah sadarku.

Maria. Wanita cantik dan penuh tangguh. Maria cukup dikenal banyak orang pada masa itu. Dia juga bisa dikatakan berasal dari kalangan “berada.”

Baca Juga  Cerita Horor: Jalan Pulang Mojokerto

Namun, VOC mengalami penurunan kas keuangannya.

Ditambah, didalam bayangan retrokognisi ini, kaum Etnis Tionghoa jauh lebih ramah & lebih dekat dgn kaum orang indonesia yg dulu mungkin lebih akrab disapa “pribumi.”


Kaum belanda merasa keberadaannya bisa tergeser pun mulai memonopoli orang2 kaum Tionghoa.

Beragam pekerjaan org Tionghoa ini. Tapi banyak juga imigran gelap yang ketakutan kalo bakal di penjara karna mereka gak mampu buat bayar (kayak kertas validasi/identitas)


Yang harganya beberapa ringgit.
Kaum etnis tionghoa yang buruh, atau gak punya uang lebih takut banget. Rumor rumor mulai berdatangan.

Hingga mereka ini berkumpul disuatu tempat u/ diskusi


Kalo mereka harus berontak! Akhirnya mereka berontak dgn bunuh beberapa serdadu belanda.

Ternyata, penguasa Belanda marah & malah menyeruakan untuk menghabisi orang Tionghoa tanpa liat Latar belakangnya.


Even dia pengusaha sekali pun, ditarik paksa. Nah Maria ini datang ke Tkp kayak teriak2 u/ bilang ke serdadu belanda ini jgn kayak gitu.


Ya jelas di hiraukan dong?

“Karna dirasa ni cewe bacot banget sih!”
Akhirnya Maria diseret paksa dgn kekerasan sm bangsanya sendiri.


Dan yg lebih parah Maria ini ikut keseret sama orang2 yang uda dikumpulin didepan Taka Merah ini.


Wajah Maria diinjak-injak, tubuhnya habis ikut terseret dalam penyiksaan. Maria teriak teriakpun gak ada yg hiraukan. Sedangkan, orang Tua Maria ini gak tahu anaknya dateng ke tempat ini

(Kasian banget) ?


Sampai akhirnya, Tragedi Berdarah ini dimulai.

Banyak bangettt darah yang bergelimang disekitar Kali didepan Taka Merah.

Apalagi Kali nya, jd lautan “Darah.”


Kurang Lebihnya, ini perjalanan ku yang aku liput kemarin. Aslinya iseng mau main ke Kota Tua aja makanya centil Video Video gini. (Buat instastory wkwk)


play-rounded-fill

Kurang Lebihnya, ini perjalanan ku yang aku liput kemarin. Aslinya iseng mau main ke Kota Tua aja makanya centil Video Video gini. (Buat instastory wkwk)

play-rounded-fill

play-rounded-fill

Aku nyoba buat nyari tahu sosok Maria ini. Ternyata, Maria memang sosok yg tangguh banget. Dia keukeuh banget! Mau mau cerita. Tp gak ada yg dengerin dia ?


sampai-sampai dia berusaha merasuki wanita2 muda yg ada didepan Toko Merah ini.


Sekiranya, kisah singkat dan perjalanan retrokognisi yang cukup dalam. Penuh kesedihan yg teramat sangat yg aku rasakan. Rintihan, tangisan, tetesan darah & air mata membalut dalam Kota Batavia saat itu ?


Semoga, untuk kamu Maria. Cepat berpulang ya..

Dan smg dia cepat kembali ke Batavia. Jgn nandem didepan rumahku mulu???


Semoga secepatnya kamu bisa berproses dgn mudah.

Amin.

Tragedi Geger Pecinan sangat membekas di hati aku rasanya. Karna bayangan2 itu masih ada di hati aku ?


Sekian dari Tweet singkat ini. Mohon maaf bila ada salah kata??

(Bole di Retweet Thread ini agar banyak yg bisa baca kisah dari Maria Van …….)

????


Btw yg blm baca kisah Aryo, bolee di baca hehehe

Dia, bernama Aryo Poernomo.
Walau Aryo sudah mati menjadi pocong, tapi jiwanya masih terus hidup bergentayangan.
Kisah Aryo bermula dari sini…..

(Kiri: foto Aryo saat masih hidup& kanan: foto sejak Aryo jadi pocong hingga saat ini.
A thread.
#Araberkisah dimulai…..




— QRT https://twitter.com/araskyy18/status/1309459991389024256

Btw aku iseng bikin illustrasi dari Maria. Hehe

Baca Juga  Cerita Horor: Jalur Lintas Sumatera, Losmen Berhantu


Eee btw temen2, dikit2 aku “deketin.” Diri sama Maria ini.

Soalnya dia bisa bahasa indonesia kurang faseh bgt aja.

Dan dia selalu mau kasih gambaran kilas balik tentang kehidupan dia dimasa lampau.


Eee btw temen2, dikit2 aku “deketin.” Diri sama Maria ini.

Soalnya dia bisa bahasa indonesia kurang faseh bgt aja.

Dan dia selalu mau kasih gambaran kilas balik tentang kehidupan dia dimasa lampau.


Doakan ya, smg prosesnya lancar.

???


Tadi sempat komunikasi cuma pelan pelan dia ngasih gambaran lagi.

Thread ini akan terus berlanjut setelah aku selesai dan “Full.” mendapatkan kisah dari Maria Van……

Ditunggu?


Untuk saat ini kami komunikasi melalui Maria yg memberikan gambaran soal kehidupannya saja melalui Retrokognisi ??

Hehe.
Aku sudah mulai dapat kilas kilas kehidupan dr Maria ini. Thread ini akan terus berlanjut! ✨


Spread the love

Leave a Reply