Alasan Kamu Harus Berhenti Support Sasaeng Berkedok Fansite

  • Post author:
  • Post category:Pengetahuan
  • Reading time:15 mins read
Original thread by @chilbonru

⚠️⚠️⚠️ Alasan kamu harus berhenti support sasaeng berkedok fansite !!! ~ a thread

Alasan Kamu Harus Berhenti Support Sasaeng Berkedok Fansite


Sebelumnya, mari kita mengenal apa arti Sasaeng itu, Sasaeng berasal dari bahasa Korea, “sa” artinya pribadi atau privasi “saeng” berarti kehidupan Artinya yaitu orang yang sangat terobsesi ingin mengetahui kehidupan pribadi para idol KPop


Mereka gak ragu buat ngikutin idol kemanapun, ambil penerbangan yang sama, menginap di hotel yang sama, dan bahkan mendapatkan informasi pribadi dari idol biasanya, mereka itu membeli informasi privat itu bisa dari staf dan kemudian dijual lagi tuh informasinya.


Sebenarnya, hampir semua grup KPop punya masalah tentang ini. Mungkin karena aku ini teume jadi thread ini bakalan fokus ke TREASURE ?


Aku coba up ini, karena kemarin YG ngeluarin statement: “Kami berkomitmen untuk melindungi hak artis & fans. Di masa depan, jika privasi & hak pribadi artis berulang kali dilanggar, kami akan mengambil tindakan tegas sesuai dengan hukum yang relevan”
https://twitter.com/YGA_GLOBAL/status/1386987859962253313

Treasure Weverse Update [Request for the protection of Artists rights and the healthy formation of fan culture] #TREASURE @treasuremembers @ygent_official


Bayangin dong, YG sampe ngeluarin peringatan resmi, ini tandanya udah kelewatan tuh manusia2 yg kepo banget sama kehidupannya member Treasure


Nah terus apa hubungannya sama fansite ??? lanjut gak nih?


Oke lanjut !! Fansite itu sebutan buat fans yang punya situs sendiri dengan konten eksklusif yang mereka ambil dengan jepretan sendiri. Gak jarang kalau foto mereka itu hasilnya bagus dan jelas banget. Bener gak?


Tentunya buat nyari foto yg sempurna, pasti dia berusaha semaksimal mungkin buat dapetin yg paling bagus. Dengan cara apa? Yuk kita ulas!


Coba deh, kalian cari perbedaan antara kedua foto ini? Bisa?

Baca Juga  Tidak Semua Tionghoa Cocok Dipanggil "Koko" Atau "Cici"
Jadi, perbedaannya itu ada di bagian kotak kecil di pojok bawah. 1) (pict asahi) Kotak putihnya kalau kecil itu artinya si masternim berada jauh dari idol, terus dia itu gunakan banyak zoom untuk ambil fotonya itu. +


2) (pict hyunsuk tadi) Jika sebaliknya, kotak putih itu besar, ini tandanya si masternim itu posisinya deket banget sama idol. *) tapi ini balik ke tergantung lensa kamera juga ya, cuma 2 point ini analisis yang masuk akal juga


Mungkin kalian juga pernah nemuin, fansite yang nutupin kotak putihnya itu dengan watermark atau stiker, bener gak sih?


Ini ada dua kemungkinan, dimana si fansite itu; 1) Naruh itu sebagai kredit kalau foto itu mereka yg jepret, dan aku awalnya gk mempermasalahkan itu dan percaya kalau itu sekedar untuk hak cipta aja. +


selebihnya, 2) Coba lihat lagi deh, kita balik ke statement awal kalau kotak besar itu ambil fotonya deketan sama idol. Nah bisa jadi, si masternim ini gak mau ketahuan kalau ambilnya deket banget sama idol, jadi dia berusaha menutupi itu.


Fotonya memang bagus, tapi bisakah kalian melihat dari mata mereka? Apakah ada tanda tanda senyuman? No!!!


Belakangan ini kalian mungkin udah gak asing sama kumpulan foto berikut. Yaps saat syuting buat Tmaps. Terus apa masalahnya???


Jadi TREASURE MAP itu bukan jadwal terbuka !!! Makanya YG lewat statementnya itu menegaskan perkataannya seperti tweet ini!
https://twitter.com/myteumelife/status/1386998700795330561?s=20

TREASURE MAP is 비공식 = not open schedule It seem many international teumes don’t understand ㅠㅠ there are many fansite who always go to not open schedule. YG asked fans to stop doing that. Fansite = fan = included in 팬문화 = fan culture.


Masih pada inget gak nih?

Baca Juga  Kumpulan Thread Seputar Digital Marketing
Duku pernah beredar foto syuting lagu Orange Tau gak sih, itu tuh si masternim rela naik genteng buat dapetin foto foto itu. Terus apa lagi masalahnya?


Yak itu adalah PRIVATE event, harusnya mereka gak boleh tau !!! Ini beberapa bukti, kalau si masternim melanggar privasi idol


Sebelumnya aku ucapin terimakasih buat seseorang yang sudah menulis thread tentang fansite ssg dan menyadarkan ku kalau ada yang gak beres. Ini jadi inspirasiku buat nulis thread ini, thank you !!!
https://twitter.com/O395SW/status/1291819484139991041?s=19

⚠️ why you need to stop supporting fansites / sasaengs: a thread


Pada tau kan, kalau member Treasure itu masih muda banget. Bahkan ada beberapa membernya yang dibawah umur 18 tahun, dan mereka harus dihadapkan sama situasi yang sulit seperti itu?? Tau gak betapa sulitnya itu ??? Mau contoh? Ini !


Inget T-MAP eps 21 tentang prank? Dimana member Treasure itu sedang syuting dan tiba-tiba mereka ketemu sama fans yang gak secara langsung mengusik ruang pribadi mereka. Gimana reaksi mereka?


Mungkin sekilas ini kelihatan seru, karena buat prank para member. Tapi dibalik itu, lihat aja si maknae Kena serangan panik dong, gak tau apa yang dilakukan, bahkan kelihatan mau nangis ???


Salah satu dari member bilang “Rasanya luar biasa sekitar 2 menit. Tetapi jika itu berlangsung lebih dari 5 menit, lalu tidak tahu harus berbuat apa”. dan ini adalah sesuatu yang terjadi setiap hari, dan menjadi lebih normal setiap saat, terutama dengan grup generasi keempat.


para sasaeng memanfaatkan fakta bahwa mereka memulai dan harus bertindak dengan cara yang “benar”. T-MAP eps tadi itu dibuat lebih untuk meningkatkan kesadaran para penggemar yang melakukan tindakan seperti itu, tetapi masih ada orang yang tidak mengerti & tidak peduli ttg itu.

Baca Juga  Tips Belajar Attitude dari Hal Kecil

jika setelah membaca semua ini, kalian masih mendukung akun sejenis itu hanya karena mereka punya foto berkualitas baik. maap maap banget nih yak, kalian juga ikut jadi bagian dari masalah!!!


ini hanya beberapa fansites yang terindikasi tidak menghormati ruang pribadi member Treasure
https://twitter.com/i/lists/1387259869800009732?s=20


jujur aja yah karena sebelumnya gak tau betapa pentingnya ini, aku juga follow akun2 mereka. tapi setelah sadar aku coba berhenti ikuti mereka


buat kalian yg nemuin thread ini, mungkin bisa bantu rt/like. agar banyak yg tahu.


mari kita dukung 12 bujang tampan dengan cara yang baik dan benar !!! say what : WATANABE !!! 😀


@anak___gembala @kylehuffle @bbkyuala_ @robotganteng4 @sakalaaec @junkyua18 @junkyucruzh @inikyualaa @SkiesMleyot @bbyswnds @itmeansroses @juunkyutie @aiurwoos @jocomelon @canxxdy_ @marchrjn @qnlzzA Ijin tag my moots ???


@harutocatz @harutotraviss @yochichilli @yoshinor1i @hosishvip @aerajung0 @kylehuffle @Jihoonshii_ @JIH00NILY @skiurengels @aiurskyes @hyunsukichoi @bonbonfever @harutodre @DheeOchii @Ocayss2 @ajunkyutiie @pacartrejommm Ijin tag my moots ??


nb : Untuk list fansite diatas itu aku nyarinya gak cuma pas TMAP kemarin aja, ada beberapa yg kayak syuting Orange, terus syuting chuseok juga, dst. Semisal ada fansite yg baik2 saja, tapi masuk list kalian bisa bilang disini. Mungkin, akunya yg miss or kurang teliti.


Terus kalian pernah nemuin, fs yg terindikasi mengusik, bisa bilang juga buat aku masukin ke list. Memang, lebih aman kita dukung secara resmi dari akun2 resmi YG or TREASURE langsung ya !!!


Pada dasarnya, fs itu keberadaannya menuai pro kontra, dulu bahkan hampir pernah dihapus dan dilarang. knp? karena secara gk langsung mereka itu ngikutin terus jadwalnya si idol.


Buat yg mempermasalahkan ttg lensa, yuk coba liat seberapa berdempetannya ini? Padahal masa ini cororong sedang menyerang, tapi mereka tak menjaga jarak??? ??

Leave a Reply